Sabtu, 14 September 2013

Pengalaman Test Bakti BCA

Ehmmm… perkenalkan panggilan saya Tata dan saat ini saya bekerja di bank swasta terbesar di Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk. Pertama kali saya masuk BCA adalah dengan jalur pemagangan bakti. Di sini saya ingin bercerita mengenai pengalaman saya saat mengikuti tes-tes masuk bakti tersebut. Saya membuat post ini sebenarnya sekedar ingin share dan meluruskan opini-opini beberapa orang bahwa yang bisa masuk BCA hanya orang ganteng atau cantik saja. Sebenarnya kepribadian dan otak lebih dicari di BCA karena wajah bisa dipoles dalam lima menit, tapi yang ada di dalam diri seseorang membutuhkan waktu lama untuk dipoles lagi karena telah terbentuk sedari kecil.

Saya mengikuti tes masuk bakti pada Desember 2010 di Wisma Asia II, Slipi. Waktu itu saya diwajibkan membawa pasfoto, fotocopy ktp, pensil, penghapus, pena, dan datang jam 8 pagi. Tesnya sendiri meliputi banyak tahap dengan sistem gugur dari pagi hingga sore. Ada baiknya anda mempersiapkan diri dengan tidur cukup, sarapan, dan pakai blazer karena beberapa kelas di gedung 21 lantai ini sangat dingin sehingga bisa mengganggu konsentrasi. Menurut saya lebih baik memakai blazer dibanding jaket karena lebih formal dan rapi. Pakailah kemeja dan celana atau rok bahan serta sepatu pantofel. Untuk pria, rambut jangan kepanjangan dan sisir di wc yang selalu tersedia di tiap lantai. Untuk wanita, aturlah rambut serapi mungkin kalau bisa diikat, ga usah ingin tampil cantik seperti iklan shampo dengan rambut terurai. Yang ada keribetan sendiri waktu tes karena rambutnya menghalangi pandangan atau jatuh ke kertas.

Saat saya tiba di lantai 18 atau 19 saya lupa, sudah banyak peserta tes lain yang sedang menunggu. Saya duduk di antara mereka sambil memperhatikan keadaan sekitar. Ada dua orang wanita yang terus mondar-mandir dengan penuh percaya diri menimbulkan bunyi peletak-peletok sepanjang lorong. Sementara saya dan peserta lain yang masih culun-culun dengan pakaian rapi seadanya. Dalam hati saya berpikir pasti mereka sudah expert sekali dalam bekerja dilihat dari rambutnya yang dikeriting, make-up medok, kemeja ketat, rok ketat agak jauh dari dengkul, dan high heelsnya.

Tes pertama adalah psikotest, kita disuguhi banyak sekali pertanyaan yang diulang-ulang. Sama seperti psikotest di sekolah atau tempat lain. Waktu yang diberikan mepet sekali jadi kerjakanlah seefisien mungkin, ga perlu mikir kelamaan. Masuk ruang tes sekitar pukul 9 pagi, selesai tahap ini sekitar jam 12. Bisa dibayangkan sebanyak apa pertanyaan yang diberikan. Mendekati siang, ada satu tes yang saya ingat sekali. Pertanyaannya menjebak dan membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi. Para peserta diminta membuat garis melintang dan membujur, titik, atau bentuk lainnya. Kita harus benar-benar mendengarkan perintah yang ada. Istirahat makan siang sekitar 1 jam, para peserta tes diberikan nasi kotak sembari hasil tes diperiksa.

Nama peserta yang lolos akan ditempelkan di pintu ruang tes. Dari dua ruangan pada pagi hari, tersusutlah hingga hanya satu ruangan saja berisi sekitar 40 orang. Saya melihat sekeliling dan tidak menemukan dua wanita yang kelihatan expert pagi tadi. Nah, opini wanita cantik saja yang bisa masuk BCA terpatahkan. Malah saya menemukan satu gadis dengan gigi agak maju ke depan di seberang saya.

Tes kedua adalah tes matematika, sebenarnya standar saja pertambahan, pengurangan, pembagian, perkalian, persenan, pecahan, dan soal modifikasi lainnya. Saya sendiri tidak berhasil menjawab semua pertanyaan yang ada. Mungkin hanya sekitar 60% yang sempat saya jawab, tapi toh saya lolos ke tahap berikutnya.

Maaf saya lupa susunan pasti tes setelah tes matematika. Yang pasti ada tes menjumlah di kertas seukuran koran bolak-balik. Selama tes ini, dalam jeda waktu tertentu pengawas akan menginstruksikan kita untuk membuat garis. Nah, dengarkan baik-baik instruksi ini karena hal ini mempengaruhi penilaian. Gadis di seberang saya berhasil menyelesaikan lembar tesnya dan meminta kertas tambahan. Tapi toh akhirnya dia tidak lolos di tes ini. Saya beranggapan bahwa gadis itu tidak membuat garis seperti diinstruksikan atau dia memang salah menjawab.

Kemudian ada tes menggambar, nah pada kesempatan ini kita akan diberikan kertas berisi delapan kotak atau biasa disebut wartegg test. Gambarlah sesuai imajinasi anda, apa yang anda bayangkan ketika melihat kotak berisi titik, kotak, atau garis tersebut. Berikutnya anda akan diminta menggambar seorang manusia dan jelaskan apa yang sedang dia lakukan. Lalu menggambar pohon, tapi tidak boleh pohon kelapa atau cemara. Bila tahap-tahap sebelumnya lebih mengarah pada intelegensi, tahap ini mengarah pada kepribadian anda.

Tahap terakhir adalah interview dengan menyisakan sekitar 10 orang. Di sinilah pentingnya berpenampilan rapi karena kita berhadapan face to face dengan psikolog. Jangan lupa untuk mengucapkan salam dan menjabat tangan saat memulai interview. Pertanyaan yang diberikan sebenarnya standar seperti apa kelebihan dan kekurangan anda, penghargaan apa yang pernah anda capai, dan seperti apa hidup anda. Saya diinterview hanya sekitar lima menit, sebentar sekali dibandingkan rekan-rekan saya yang lainnya. Saya sedikit deg-degan mengapa hanya saya saja yang sesingkat itu.

Esok harinya kepala saya sakit dan badan panas sehingga tidak masuk kerja. Tiba-tiba telepon berdering dan saya harus medical check-up BCA di Indofood Tower besok. Jadilah saya tidak masuk kerja tiga hari berturut-turut.

Mama mengantar saya tes kesehatan naik taxi karena kami tidak tahu angkutan umum lain. Mama menunggui saya selama tes ini….hug mommy >.< Medical check-up dilakukan di klinik Miracle yang memang merupakan rekanan BCA. Pertama kali datang, lebih baik anda langsung ke resepsionis mengisi data diri kemudian minta tabung urine. Setelah itu baru anda buang air kecil di wc sembari mengisi tabung itu. Tes lainnya adalah tes mata, rontgen dada, pengambilan sampel darah, dan pengukuran tensi darah.

Bagi yang berkacamata jangan takut, karena ada juga teman saya yang minusnya tinggi tapi diterima bekerja. Bahkan temannya yang medical check-up bareng disebut ada kista tapi lolos juga. Untuk hal ini saya masih bingung…

Untuk yang bertubuh gemuk juga jangan khawatir, karena teman saya ada yang gemuk lolos saja. Tapi memang ada yang tidak lolos, nah ini saya tidak tahu apakah mungkin kolesterolnya tinggi atau dia ada penyakit tersembunyi yang dia juga tidak tahu.


Beberapa hari setelah medical check-up, saya sebetulnya diminta langsung tanda tangan kontrak. Tapi berhubung saya harus resign dulu dari tempat kerja lama, saya minta waktu sebulan. Saat itu Januari 2011 tidak ada kelas bakti dibuka sehingga saya masuk di bulan Febuari. 

WordPress https://chronicleme18.wordpress.com

241 komentar:

  1. wah, tulisannya bermanfaat sekali. aku gak sengaja ketemu blog kamu waktu lagi coba cari-cari pengalaman oranglain yang test bhakti BCA karena selasa besok aku ada test. salam kenal ya kak :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mieke sukses ya ujiannya, pasti bisa!! Yg penting fokus αиϑ konsen hehehee salam kenal juga yaa...makasi udah mampir nih hehehee

      Hapus
    2. Amin, semoga aku bisa diterima. terima kasih juga udah add G+ aku. :))

      Hapus
    3. kalau sedang kerja pas interview bilang nya apa kak?
      apa jujur aja?

      Hapus
  2. aku mau banyak tanya doong tentang bakti bca , kemarin baru aja aku apply ke wisma slipi bca , dimana saya bisa banyak tanya sama kamu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanya di sini boleh say...mau tau ttg test ato apa nihh

      Hapus
  3. Kl kemarin saya pertama tes langsung wawancara,baru psikotest nah dr psikotes saya tinggal ber3 cowok.karna saya keliru di tes yg seperti koran saya keasikan menghitung sampe lupa dengan garis.dari situ saya tidak lolos,jd buat yg mau tes hati2 ya jgn sampe seperti saya :( kl mau cb tes lg bisa tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Dicky...sayang sekali y gagal di tes paulinya. Sekarang urutan testnya dibalik y wawancara duluan.
      Setau saya bisa ikut test lagi, tapi harus tunggu satu atau dua tahun dulu.

      Hapus
  4. halo~untuk tes kesehatan waktunya berapa lama ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Glam..maaf maksudnya jarak dr psikotest ke medical ato waktu medicalnya nh? Hehehehee... Kalau saya dulu psikotest besoknya ditlp untuk medical check up keesokan harinya lagi. Jadi total tiga hari, stlh itu tunggu panggilan lagi untuk ttd kontrak. Tp tergantung dari kantor pusat juga sh...bisa lebih dari itu tapi harusnya ga lbh dari sebulan. Medical check up nya sendiri dr pagi sampe siang.

      Hapus
  5. Aku mau nanya doong. Hari ini aku baru medical check up.. klo udh smpe medical check up belum tntu pasti lolos ya?? Kira2 kalau diterima itu konfirmasinya lama gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Irma ^^ kalau sudah medical check up sh kmungkinan besar keterima say, kecuali kamu ada penyakit brbahaya (amit2 >.< Ga lah yaaa) ga lama sh biasanya say, mungkin paling lama 2 mingguan hehehehee

      Hapus
    2. mbak saya sudah dinyatakan lulus dari pihak bca, namun saya belum lengkap administrasi yang diajukan. Dan bila lengkap di suruh hubungi kembali . Apakah itu bisa ditidak luluskan ?

      Hapus
  6. aku sudah lolos ampe thap wawancara.. tapi kepikiran soal medical check up nya... mslaahnya soal tinggi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di medchek ga diukur tinggi badan kok say.... memang diminta tulis tinggi badan gt di form. Tp kalau tinggi badan itu penting, harusnya diukur langsung ya, nyatanya enggak. Rekan kerja saya juga banyak yang tingginya ga rata"....malah badannya kurus banget ato gemuk. ┌┐(•ˋoˊ•)┌┐"̮ Sεε♍åªànGɑɑŦ "̮ ^^

      Hapus
  7. permisi numpang tanya pakaiannya ga harus kemeja putih dan rok hitam kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga harus kok....asal kemeja rapi dan sopan aja ^^ boleh pakai celana juga...

      Hapus
    2. kk kalo untuk sepatu harus pantofel ya? terima kasih kk

      Hapus
  8. mb, aku bsk medcheck nih...
    minusku 4,5 masih ditambah silinder 1. Kira-kira masuk ga ya mb? takut bgt soalnya udah sampe tahap akhir. dr tahap awal sampe skrg total aku nunggu hampir 4bln nih.. thanks :)

    BalasHapus
  9. Hai mba Cantika^^ lama juga ya tahapannya 4 bulan...
    Teman saya ada yg minus tinggi lolos sh, tp kurang tau dia minus brp. Banyak juga yg pakai kacamata sh di kantor saya, ada 3 org baktinya. Kalau lihat jauh sudah buram bgt y? Kalau pakai kacamata msh jelas seharusnya gpp y...

    BalasHapus
  10. Hallo mba, saya senin besok ada panggilan tes di gedung JDC gatot subroto, apkah itu benar apa tidak ya ? Pemberitahuannya lewat sms dngn nomor simpati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mas Kusnadi^^ teman saya juga ada yg tes di JDC kok dan memang benar tes BCA. Isi sms nya kira" blg mas dpgl tes diminta dtg jam 8 membawa alat tulis kan?
      Kalau ragu mas tlp ke wisma asia di +622125563000 dulu saja konfirmasi agar yakin.

      Hapus
    2. oia mas kusnadi waktu smsnya disuruh balas 'YA'' dibalas lg ga sama itunya soalnya, waktu saya balas 'YA' tidak ada balasan

      Hapus
  11. Aaaaah makasih infonya kakaa ^^
    besok aku mau interview juga di bca asia-afrika .
    Membantu sekaliii tulisannya
    Terimakasih .
    Mau tanya juga waktu interview itu face to face sama hrd.nya apa interview massal,sekali interview 5-10 org ?
    hehee
    Soalnya saya sedikit pemalu dan kurang pd :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi juga nih mba Lia sudah mampir heheheee senang tulisan saya bermanfaat.
      Interviewnya berdua saja kok sama pihak BCA dan durasinya juga cuma sebentar.
      Wah, jangan gitu harus pede dnk, yang interview juga ga galak kok. Pasti bisaaa ^0^

      Hapus
  12. Alhamdulillah saya lolos ke test tertulis nih hehee
    Mau tanya juga yg diujiankan apa saja nih ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa selamat yaa... Maaf br balas nih. Test tertulis itu psikotest dan matematika, lalu tes kepbribadian lewat gambar. Saya telat ya jawabnya heheheee... Bagaimana tp testnya?

      Hapus
  13. Maaf mau tanya, BCA ada penahanan ijasah ngga? Dan ada penalty jg? Kl iya berapa? Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Dans ^^ untuk program bakti setau saya tidak ada penahanan ijasah dan penalti kok. Kecuali untuk program ppa, bdp, pdck memang ada penahanan dan penalti tergantung lamanya training dan bekerja.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. PPA itu program pendidikan akuntansi jd anak lulusan sma bljr di bca 2.5 tahun trs lanjut kuliah smbl kerja di bca. Bdp bca development program, jd s1 training di bca trs kerja
      Pdck itu bakti yg min 1 tahun di bca min d3 ato smt 6 kuliah ikut test jd kryawan tetap.

      Hapus
    4. Maaf untuk Pdck tidak ada tahan ijazah.

      Hapus
  14. Wahhh thx ka infonya. Bsk aku ada panggilan test. Dan aku bingung hrs gmn, krn ini pengalaman pertamaku. Aku sampe harus bohong ke bosku yg sekarang supaya bisa dtng.

    Infonya membantu bgt kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Septi...senang tulisan saya bs membantu. Sukses ya testnya, doa dlu sblm tes biar tenang dan mantap ^^

      Hapus
  15. Ka mau nanya. Kmr saya interview user sudah 1 minggu saya lom dikabarin sama BCA. Biasa brp lama ya ka kabarnya? Apa ada kemungkinan ga lolos ka? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Priscil, maaf br balas skrg. Utk waktu tunggunya memang bs lama. Coba tlp me Wisma asia utk pastikan.

      Hapus
  16. Usia brp yg bisa ikutan bakti Mbag?

    BalasHapus
  17. Doain saya ya kak, tgl 29 besok aku ada panggilan interview dan aku ngelamarnya via website apakah aku harus bawa cv dan lain lain???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf br balas. Bagaimana apakah harus membawa hard copy?

      Hapus
  18. hy , aku baru aja ada panggilan untuk seleksi magang bakti BCA nih. sama kaya phaul januar, apa aku harus bawa CV dan lain lain ?

    BalasHapus
  19. halo mbaa, sya jg sama nih kayak yg ngoment sebelum2nya, dpt panggilan magang bakti BCA juga buat hari rabu ini tapi dikawasan Medan :) ada temen saya di Jakarta bulan lalu sdh diterima magang bakti BCA di Jakarta, tapi prosedur testnya ga sama dgn postingan mba, temen sya test awalnya interview setelah itu psikotest dan med.check. apa memang beda2 ya mba tiap daerah? saya mohon tipsnya dong mba, saya sgt berminat utk brgabung di BCA, makanya saya ingin lulus sampe tahap akhir..dibales ya mbaa :) Thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Elberthinne maaf saya baru bisa balas. Saya baru update rekan saya di kantor ternyata memang skrg urutan testnya berbeda. Bagaimana testnya?

      Hapus
  20. Hai mbaa, mau tanya donk? Kalau peserta test ada yang pernah operasi sehingga terlihat ada bekas itu gmn ya?
    Soalnya 2th kemarin aku pernah operasi di bagian leher, jelas" terlihat mbak :(
    Jd takut dan pesimis duluan ini :'(
    Kira" gmn ya menurut mbak?
    Makasih jawabannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas nh Rifa. Bagaimana med check nya?

      Hapus
  21. halo Tata, mau ntanya nih.. Kami setelah medical check up, brp lama diberitahu hasilnya?? Aku udh lolos semua test. Kmrn trkhr MCU hr senin. Nah, skrg udh selasa blm ada kabar. Rada pesimis :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas Maya...untuj med check memang bisa lama krn mungkin trgantung Dari klikniknya memberikan hasil.

      Hapus
  22. klo med. checkup, tes darahnya udah termasuk hiv aids ngak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya sudah termasuk y karena HIV aids tergolong penyakit berat y

      Hapus
  23. hallo mba salam kenal saya mau tanya ,, kemarin saya di tlp untuk test psikotest di bca tapi saya tidak datang karna ada urusan pada test tsb kira2 saya bisa daftar lagi ga yah mba ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Intan maaf baru bisa balas. Coba hubungi Wisma asia untuk tanyakan hal ini.

      Hapus
  24. Terima kasih sudah mampir ya ^^

    BalasHapus
  25. misi.. saya mau tanya untuk soal soalnya seperti apa ya? sulit atau tidak?

    BalasHapus
  26. aku agustus nanti test, makasih yah infonya, berguna banget buat persiapan.

    BalasHapus
  27. mbak mau tanya, jika kita di lolos psikotest dan interview, dan diterima magang bakti ,dan diminta langsung ikut training BCA, tapi posisi saat itu masih bkrja di pt lain, dan untuk resign butuh waktu 1 bulan, apa BCA masih mau menunggu dan bisa ya mbak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mba Seli saya baru sempat balas sekarang...dulu juga saya tunda training bisa sih konfirmasi ke tempat kita psikotest.

      Hapus
  28. Kak, aku mau tanya ka . Besok Rabu aku ada panggilan diGedung JDC ka, tapi aku pesimis, soalnya sekarang muka aku lagi banyak jerawatnya ka. Kira kira itu mempengaruhi ga yah ka ? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk wajah jerawatan, saya juga jerawatan kok dulu hehehee....saya pikir ga jadi masalah karena bisa pakai bedak kan ya.

      Hapus
  29. Yang diterima tiap cabang biasanya berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang menerima adalah kantor pusat mba Andrea. Prosesnya sendiri biasanya bila cabang butuh karyawan baru, mereka akan minta ke kantor pusat.

      Hapus
  30. sore.. mau tanya nih.. waktu mau medical check up di BCA kan disuruh puasa.. nah itu puasa semuanya atau msh diperbolehkan minum air putih saja ya? trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh sekarang diminta puasa ya? Dulu saya ga puasa deh mba Christina hehehe... Memang med check nya dimana?

      Hapus
    2. Ka numpang nanya dong? kan kemaren gw dapet sms dari bca nya suruh ikut psikotes hari rabu tapi gw lupa no pendaftarannya? gimanah ya ka klo begitu?

      Hapus
  31. maaf kk mau tanya ..
    di bakti BCA diharuskan terlihat rambutnya atau g ya? kalo yg berhijab boleh g ya ? oh ya iitu harus memakai pantofel ?
    terima kasih kk.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf juga baru balas mba Diva...boleh kok berhijab tidak masalah. Di cabang saya pun ada beberapa orang yang berhijab. Tapi pantofel memang diwajibkan.

      Hapus
  32. mau nanya kalo mau ngelamar bakti BCA via online diwebsitenya bisa gak ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Dini...memang sekarang ini lamar bakti harus online jadi semua di upload dulu.

      Hapus
  33. postingan mba sangat membantu, thanks yah mba udah sharing >.<
    'cause besok saya ikutan test nih ^-^ hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga sudah berkunjung mba Fitri hehehee

      Hapus
  34. Mbak mau nanya dong saya udah 10 hari nunggu setelah medchek tp gada konfirmasi apa saya tidak lolos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya walaupun tidak lolos tetap akan dikabari mas Taufik. Mungkin mas bisa coba telepon ke kantor pusat BCA tempat mas psikotest.

      Hapus
  35. Chronicle me yg baik, ane mau tanya neh, tp sdikit bercerita. Ane dr luar kota dapet panggilan tes di wisma slipi selasa 28 sept kmaren, terus ane telat dateng maklum belum tau tempatnya terus kena macet pula n sempet nyasar ke wisma asia jadi deh nyampe jam 9:00, sampe wisma slipi ane udah gak diperbolehkan masuk, kta securitinya tunggu tahap ke2 terus ane tlp deh bag. recruitmentnya terus dibilang nnti dihubungi lagi, kira" beneran dihubungi gak ya?? :( sedih ane masa kalah sebelum bertempur hikhik, thanks btw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emm...sekarang sudah dihubungi lagi belum mas Depi? Sekarang tahapan testnya dibalik soalnya interview duluan. Dulu teman saya ada yang telat juga...tapi waktu tanda tangan kontrak. Gpp sih dulu...

      Hapus
  36. maaf mba daftr online via jobfair ampe pemanggilan brapa lama yah...?makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mas Dede untuk online saya belum update nih berapa lama waktu panggilannya.

      Hapus
  37. ka aku kan jumat depan dapet panggilan tes tapi aku takut tes matematikanya susah ga ka soalnya au paling lemah di situ, kaka punya id line ga? kalo ada aku minta dong aku mau nanya banyak makasih ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas mba Sriyani...Line saya jarang aktif hehehe...
      Tes matematikanya sih standar ada yang gampang dan susah. Jawab saja sebiasanya yang gampang duluan. Dulu juga saya tidak jawab semuanya kok.

      Hapus
  38. Haii kak,saya baru 2 hari naro lamaran di bca asia afrika bandung,apakah saya akan di panggil untk interview? Lamaran saya lengkap kok ,kira2 bakalan berapa lama yaa di panggil untuk interview?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mas Kahfi...untuk panggilan akan langsung dihubungi setelah memenuhi kriteria yang ada. Saya dulu juga agak lama sih baru dipanggil. Sabar saja mas tunggu, sementara itu coba latihan jawab soal-soal psikotest.

      Hapus
  39. hi ka mau tanya kmren tgl 22 oct ak abis medcek kira2 berapa lama nunggu hasilnya ya trus ada resiko gak loloskah?
    trus misal lolos kira kira berapa lama nunggu sampe di tlp BCA untuk ttd kontrak,,
    ada lagi ka, kalo mengenai beasiswa yg di dapat diakhir pemagangan itu kira kira gmn kita bisa perolehnya?
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Dewi...maaf baru balas. Untuk medcek ada juga resiko tidak lolos. Tapi selama mba nya tidak ada penyakit serius harusnya lolos saja ya. Dulu saya tidak lama sih dihubunginya. Sewaktu lolos psikotest diinformasikan mengenai tenggat waktu pemanggilan tidak?
      Bila kita sudah bekerja setahun dan sudah membuat karya tulis dikirim ke kantor pusat, maka akan langsung dapat beasiswanya mba bersamaan dengan gaji hehehe...

      Hapus
  40. kira-kira test psikotest dan matematikanya yang keluar seperti apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Widya...untuk matematikanya sih standar tambah kurang bagi kali diskon persen ya...ada soal cerita juga. psikotest juga standar sih mba hehehehee

      Hapus
  41. soalnya hari senin aku di panggil ke gatot subroto tolong minta info dari tema-teman yang sudah ikut test itu soal seperti apa yang di test?

    BalasHapus
  42. kak maaf ini mau tnya saya kan tanggal 27 nov kemarin sudah mengikuti psikotes alhamdulilah tahap pertama psikotes lolos,
    dan sekarang masih nunggu pengumuman dari tahap psikotes yang ke dua untuk selanjutnya tes interview biasanya brapa hari ya kak pengumuman untuk yang lolos tahap psikotes ke dua? makasih :) mohon dijawab kak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru balas mba Eka....memang mba psikotest nya di hari yang berbeda? Karena yang saya tahu dalam satu hari dihajar semua interview, psikotest...

      Hapus
  43. mohon infonya dong bagi teman-teman yang tau, kira-kira 2 bulan yg lalu saya di interview oleh pihak bca, sebelumnya saya sudah mengikuti psikotes thp 1 dan 2,,,
    tapi kenapa sampai saat ini saya tidak dapat informasi apapun dr bca?
    padahal wktu interview itu pihak bca mengatakan akan mengabarkan jika kita diterima atau tidaknya sekitar 4 sampai 5 minggu kemudian, dan skrg sudah lebih dr wktu yg ditentukan
    apa itu artinya sy tidak lulus thp interview?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai ufo duck....Seharusnya memang akan tetap dikabari walaupun tidak lolos. Pernah ganti nomor handphone tidak?
      Coba hubungi ke training centernya untuk informasi lolos tidaknya.

      Hapus
  44. Kok aku gk dpet info apa2 ya. Dr bca kcu lmpung? Artinya gk lulus ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Ginanti memang psikotestnya dimana? Karena setau saya psikotest di kantor pusat. Jadi bukan kcu atau kcp yang berwenang.

      Hapus
  45. Kok aku gk dpet info apa2 ya. Dr bca kcu lmpung? Artinya gk lulus ya?

    BalasHapus
  46. Kok aku gk dpet info apa2 ya. Dr bca kcu lmpung? Artinya gk lulus ya?

    BalasHapus
  47. Kok aku gk dpet info apa2 ya. Dr bca kcu lmpung? Artinya gk lulus ya?

    BalasHapus
  48. saya besok rabu psikotes nih. kemarin di beritahu katanya hari senin tapi pas nyampe sana tiba2 ada balesan email bhwa tes di undur hari rabu.tapi saya psimis karena saya tidak tinggi dan saaya juga kurus gak kaya yang lain semog2 cantik2.....apa bisa lolos yaa :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Resty....saya membuat tulisan di atas untuk meluruskan anggapan banyak orang bila yang bisa masuk BCA hanya orang-orang yang tinggi langsing mulus rambut indah muka bebas jerawat loh^^

      Hapus
  49. hai.. postingan mbak sgt bermanfaat nih.. nah aku mau nanya nih, tgl 16 jan 2015 saya medical check up di Indofood tower, yg mau saya tanyakan adlh brp lama wktu yg dibutuhkan dari hari medical check up sampai ditelpon utk ttd kontrak? dan dr comment yg mbak jawab utk mndptkan beasiswa bakti hrs buat karya tulis dulu ya, kira2 karya tulis yg seperti apa? tolong dijelaskan. juga, saya kan kuliah malam ya jika saya sdh menyerahkan pernyataan bhw bersedia ditempatkan sejabodetabek dan bersedia memindahkan kuliah di weekend/cuti, apakah pihak bca akan benar2 mengontrol/memastikan bhw saya benar2 memindahkan kuliah atau tidak ya? yg terakhir, apakah stlh ttd kontrak besoknya lsg training? jika ya, apakah saat training mash ada sistem gugur?
    sebelumnya terimakasih karena sudah membaca comment saya, dan saya sgt mengharapkan jawaban dr mbak... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hari Mba Suci...senang tulisan saya bermanfaat ^^
      Ga pasti berapa lamanya mba Karena training center jg pasti kumpulkan dl kuotanya sampai cukup satu kelas untuk nantinya training br akan dipanggil ttd kontrak. nanti medcek nya pun ga pasti bareng sama teman waktu psikotest.
      Karya tulis itu ttg pekerjaan kita nantinya di bank...biasanya tahun pertama mengenai SMART (sigap,menarik,antusias,ramah,teliti) spt panduan layanan gt dh. Tenang aja, nanti bisa tny ke rekan sekantor kok ga kayak skripsi hehehehe....
      Setau saya pihak BCA ga akan Cek y, Karena ga mgkn jg mereka Cek satu" kan banyak jg karyawannya hehehheee.... Cuma kenapa diarahkan utk pindah kuliah weekend Karena saat sudah kerja nanti, kerja harus lbh penting drpd kuliah Karena walaupun magang tp kita benar" kerja di sini. Dan akan susah minta ijin utk keperluan kuliah, kalau mau cuti y....dan cuti br didapat stlh enam bulan kerja sebulan satu hari.
      Setelah ttd kontrak tergantung dr BCAnya kapan trainingnya....krn kan training center akan lihat dl ada kelas kosong tidak, kuotanya cukup tidak. spt itu.... Di trainingnya nanti msh ada sistem gugur. nantinya akan ada bbrp kali ujian praktek dan tertulis bisa dibaca di post stlh ini Mba hehehee....

      Hapus
  50. hallo mba mau nanya, jd saya ini tadinya ikut tahapan bdp tetapi dialihkan menjadi cs dan sudah sampai tahapan medcheck, tapi ini sepertinya berbeda dengan bakti dan pdck karena saya harus mengikuti latihan selama 1 tahun dan setelah itu diangkat menjadi pegawai tetap dgn ikatan dinas 2 tahun apabila saya mau pindah posisi ke office atau ke ao diperbolehkan kata usernya setelah 2 tahun ikatan dinas. apakah sebelumnya pernah ada yg seperti saya ya mbak? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Maharani, sepertinya yg Mba ikuti sekarang adl program frontliner yg min s1 y. Memang kalau di program ini dlm setahun langsung menjadi karyawan tetap Mba. Rekan saya ada yg ikut program ini Mba, tp belum ad yg dua tahun Karena programnya jg baru y... Untuk frontliner begitu masuk eselon 7 Mba kalau ao itu hrs eselon 6 jd kalau mau pindah sepertinya akan ada tes lagi begitu juga untuk office. Coba nanti Mba tanyakan saat ttd kontraknya Mba.

      Hapus
    2. iya sepertinya memang program baru hihi btw mbak eselon 7 dan 6 itu maksudnya apa ya? hehe ohh tapi memang kabar kabarnya bisa pindah posisi kan setelah ikatan dinas? makasih infonya mbakkk

      Hapus
    3. makin kecil eselonnya makin tinggi jabatannya Mba....mungkin ikut bdp internal ya Mba, nanti nya minta pindah ke marketing hehehe

      Hapus
  51. waah bermanfaat sekali postinganmu kak:) hari Rabu tanggal 28 besok aku dapet undangan tes psikotes di Univ. Tarumanegara Jakbar. Minta doa supaya lolos hingga tes akhir yaa:) Terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hari Mba Herdiyanti...terima kasih juga sudah baca tulisan saya hehehe...bagaumana testnya?

      Hapus
  52. Ka mau nanya ..apakah setelah medical check up ..itu lgsg tanda tangan kontrak atau training dulu .. Karena melihat postingn sebelumnya ada sistem gugur saat proses training ... Boleh tau ngk kak fasilitas yg didapat CS Bca? Thks

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mas Rendy...stlh medcek nanti tunggu panggilan lg utk ttd kontrak. Nah saat ttd kontraknya itu nanti akan dijelaskan mengenai bakti BCA sejelas-jelasnya dan kita boleh Tanya apa saja. Jadi dr pagi sampai sore prosesnya. Nanti diberikan jadwal training lg. Betul memang ada sistem gugur saat trainingnya karena akan ada beberapa ujian lagi. Fasilitas CS dan teller sama ya....dapat tunjangan selisih uang bagi teller dan selisih materai bagi cs. Juga dapat asuransi kesehatan dan sertifikat di tiap satu tahun magang juga beasiswa hehehee...

      Hapus
  53. Hai kak tgl 28 Q juga dapat pangiilan test psikotes d univ Tarumanegara.minta do'any ya biar lolos...postingan kk bermanfaat bgt makasih ya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hari Mba Duwi....iya semoga berhasil di testnya y Mba aminnnn ^^

      Hapus
  54. Hai ka saya berminat di bdp, cuma sy ipk tidak memenuhi syarat 3,00. Kira kira sy lolos egk ya seleksi tahap awal, trs body sy kecil kurus berat badan cuma 39 , kira kira sy lolos egk yaa tes medical cek up nya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hari Mba Dewi^^ maaf Mba sepertinya bila syarat tidak terpenuhi maka tidak akan dipanggil untuk test. Tapi kalau mau coba gpp Mba..
      Untuk tubuh ga pengaruh kecil lurus atau tinggi langsing Mba, yang penting sehat it's okay sih....teman kantor saya ada yang kurus kecil juga Mba. Semangatttt^0^

      Hapus
  55. salam.. sya mau tnya, sya dpt panggilan psikotes magang bakti bca, kira2 apa yg hrus sya persiapkan mulai dr custom, pertanyan n soalnya seperti apa.. tks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mas Agung...sebenarnya jawabannya sudah di atas loh heheheee...
      yang penting rambut rapi tidak kepanjangan, kemeja rapi bersih, celana rapi, dan sepatu pantofel ya mas....semangattt

      Hapus
  56. hai kak, senang baca tulisan kaka. mau tanya nih kak, saya kan tadi siang baru saja kirim berkas- berkas, ke wisma bca di pondok indah, apakah program bakti itu ada tanggal batas waktunya?. maksudnya, dari tanggal skian sampai tanggal skian pendaftarannya. soalnya kalau saya baca komentar2 diatas, yang belum lama ini, banyak yang di panggil untuk test. apa kalau sudah ada yang di panggil untuk test, berarti program magang untuk tahun ini sudaah di tutup? mohon jawabannya ya kak. terimakasih,

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba April...maaf saya baru balas karena mau balas di handphone kok ga bisa ya...
      untuk bakti setahu saya buka terus ya karena butuh banyak juga kok^^

      Hapus
  57. Assalamu'alaikum. Kak saya mau tanya, 2minggu lalu saya sudah kirim berkas lamaran yang isinya ada surat lamaran, cv, fc ktp, ijazah, skck, dan foto 4x6. Nah 3 hari kemudian saya dapat telepon dari bca disuruh kirim SKHUN. Tapi sampai sekarang belum ada kabar apa apa.
    Pertanyaan saya, apakah dalam menunggu panggilan untuk interview dan psikotes selalu lama ya kak?
    Atau saya memang nggak dipanggil karna berkas saya kurang? Tapi skhun sudah saya kirim lagi kok.
    Mohon balasannya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Atika^^maaf br balas ya...bagaimana sudah test kah? Mungkin dr training centernya cari jadwal test dulu Mba...krn setau saya memang ga tiap hari ada test.

      Hapus
  58. kak mau tanya, seteleh selesai magang bakti, nanti bisa ikutan ulang lagi ga kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Anggia...maaf br balas ya....aetau saya sih ga bisa ya Mba hehehee....tapi coba ditanyakan ke tc ya. Lagipula lebih baik ikut Pdck saja langsung setelah tiga tahun kalau pas magang sekaligus kuliah kan jadi karyawan

      Hapus
  59. Kak mau nanya lagi nih. Kalau aku kan bukan KTP Jakarta, itu masalah gak ya? Aku berharap bgt nih bisa di panggil kak, udah lama pengen masuk dunia perbankan. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Tika ^^...ga masalah ya KTP non Jakarta...saya sendiri KTP Tangerang hehehehe. teman saya waktu training juga ada yg dr Palembang Lombok DLL kok

      Hapus
  60. lohaaaa kak , kak kalo semisal masi kuliah semester akhir bole ndak si ikut magang bakti?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Ramadhani^^....sebenarnya ga ada peraturannya sih boleh atau nggak. Tapi takut nya kalau sudah mulai kerja belum dapat cuti lalu harus urus" skripsi bagaimana. Nanti mbaknya sendiri yg keteteran loh..Mending selesai kuliah lamar frontliner saja Mba hehehe

      Hapus
  61. lohaaaa kak , kak kalo semisal masi kuliah semester akhir bole ndak si ikut magang bakti?

    BalasHapus
  62. kalau buta warna partial bisa gak yah???

    thanks ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mas Adi^^ utk buta partial takut nya tidak lolos saat med check mas karena ada tes buta warna nya juga...

      Hapus
  63. Haiii salam kenal 😊
    Alhamdulillah aku dapet panggilan nanti tanggal 9 februari 2015 nah barusan saya dapet tlp dr pihak bca nya, tp hpe saya eror gak ada suaranya saya tlp kembali ke pihak bca nya tapi dr sananya bilang abaikan saja. Apakah saya udah gugur atau masih bisa di ijinkan untuk mengikuti tes yaah hari senen? Mohon dijawab yaa terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Vapratipa...maaf br balas. Coba Mba konfirm ke Wisma asia 02125563000 ke training center...

      Hapus
    2. Aku jg kmrn gitu mba di tlp dri 02125563000 ga ke angkat aku tlp balik tp kta cs nya di abaikan saja. Jd gmn ya msh bisa test psikotest ga ya buat hari senin?

      Hapus
  64. Bermanfaat sekali info2nya :)

    Saya hari ini baru selesai MCU di indofood tower sudirman...
    Mudah mudahan gak lama nunggu utk ttd kontraknya 😊
    Kira kira ujian pas trainingnya itu seperti apa yah ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mas Maychel....ujian pas training sebenarnya mencakup semua yg sudah kita pelajari tergantung mas jadi teller atau CSO. kalau teller hitung uang, deteksi uang palsu, merapikan uang, simulasi transaksi di bank dan ada juga produknya sih. tapi kalau CSO lebih ke produk dan pelayanan nasabah

      Hapus
    2. ka maaf saya mau nanya? kan kemaren saya dapet sms dari bca suruh ikut tes psikotes hari rabunya,tapi saya lupa no pendaftaran saya? itu gimanah ya?

      Hapus
  65. Selamat pagi mb, bermanfaat sekali infonya :)
    mb mau tanya, saya kan berhijab, apakah mempengaruhi kemungkinan besar atau kecilnya lolos magang bakti BCA gak mb ? makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Noviani^^ terima kasih sudah mampir yaaa.... hijab ga masalah Mba, karena skrg juga banyak kok yg berhijab di BCA. bahkan ada satu cabang di Tangerang berhijab semua malah yg ga berhijab dua tiga orang gitu hehehee

      Hapus
  66. Mau tanya gan.. Klo pemberitahuan dr sms bisa di terima ga gan soalnya ane dpt pemberitahua lwt sms
    Kaya gini smsnya
    "Sdr/i nama saya, kami mengundang anda untuk mengikuti seleksi frontliner BCA pada hari rabu,25februari pukul 08-00-selesai alamat di consultans fame .jln cipinang jaya raya blok A no.9 (samping apotik century)jkt timur.reply smsm dngn format PSI YA jika bersedia hadir PSI TDK jika tdk bersedia.." Mohon pencerahannya agan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mas Zainal....memang biasa undangan testnya lewat tlp atau SMS sh mas. Bagaimana sudah testnya?

      Hapus
  67. Kak boleh minta emailnya? Terimakasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Jessica^^ boleh tanya disini Mba biar teman" yg lain bisa baca juga hehehee....atau ke WordPress saya kalau mau lebih cepat. Karena di HP saya kok app blogspot error ya ga bisa ngapain"in tapi kalau WordPress lancar hehehehe

      Hapus
  68. maaf ka saya mau tanya di tahapan" test apa ada test bahasa inggris contoh nya seperti menceritakan pengalaman kerja dan di translate kan ke dalam bahasa inggris.. krn wktu saya test di bank BRI ada test seperti itu.. mohon pencerahan nya ya ka,, jadi biar saya jga ada persiapan.. dan saya sabtu besok ada test psikotes.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai hello kitty....ga ada bahasa inggris sama sekali kok di testnya. tenang saja.....bagaimana testnya? maaf ya saya br balas

      Hapus
  69. maaf saya mau tanya mbak tata , kalo pake kacamata apa bisa lolos test bakti BCA ? thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Widya....bisa kok pakai kacamata gpp teman sekantor saya pada kacamataan hehehehe

      Hapus
  70. hay, ingin tanya dong.. untuk bca frontliner, lama jarak pengumuman di tes Interview 1 brapa lama ya? sy tes tgl 21April2015.. lalu melalui apa yah?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Srie....maaf br balas...utk jangka waktunya saya kurang tau....setelah interview biasa nya diberi tahu batasnya bukan? sudah interview kedua Mba?

      Hapus
  71. Hai saya ada panggilan test psikotes tgl 27 april 2015. Di Jakarta Barat, bila ada yg test pada hari terserbut mohon add id line saya ya (yunisanurf) dan untukuntuk mba cronic makasih post-annnya sangat membantu.
    Oya mba saya mau tanya kalau masalah pertannyaan 5 kelebihan dan 5 kekurangan itu kita jawab seperti apa ya mba contlhnya? Saya masih bingung:( terimakasih mba:))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih juga Mba Yunisa sudah mampir...hehehehe....
      sejujurnya saja Mba jawabnya....karena nanti bisa jadi ditanya kan interviewernya loh....semangattt

      Hapus
  72. Mba apa yg uda pernah ikut tes tp blm ada setaun masih mungkin dpt pgln lg ya? Kbetulan aku uda pernah coba magang bakti skitar 6bulan yg lalu dan sampe tahap wawancara. stelah wawancara pihak bca blg klo sampe 3minggu gda pgln artinya ga lolos. Berhubung aku sempat ambil kputusan slh krna trima pkerjaan lain dlu yg kbetulan grup bca jg sambil mnunggu pgln dr bca. Yg mana tmpt kerja ini gda sinyal jd mungkin lost contact dr bca, aku kurang tau kelanjutan ini. Tp stelah aku kluar dr tmpt kerja aku masukin lg ke bca. Dan sore ini td aku dpt sms klo tgl 8 mei 15 aku dpt pgln buat ikut seleksi staf karyawan. Mau nanya nih mba, apa yg dimaksud seleksi staf disini masih kecantol sm magang bakti lg ya? Jujur aku bingung aku lolos di program apa soalnya aku uda masukin 3 mcm program, magang bakti, prog FL, prog PRO. Dan jg sblmnya waktu pgln magang bakti aku dptnya via telp bkn sms. Trus sms ini boongan ato betulan yah? Di sms tercantum nama lengkap aku trus disuru dtg ikut seleksi karyawan + alat2 dan berkas jg. Soalnya dr aturan bca sndiri kan 1tahun baru isa daftar lg atau ikut tes lg. Bener ga ya mba?
    Makasih sbelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Nurul^^ iya setau saya juga harus tunggu setaun dulu kalau bakti ya. nah untuk karyawan itu saya kurang tau Mba karena sekarang programnya banyak buangettt....coba dikonfirm deh ke Wisma asianya itu program apa. kalau ke bdp kan enak uhuyyy

      Hapus
  73. Mbak, aku udh lulus psikotes tp blm medical check up smpet terlambat krn blm ada skck. Ak br ada skck kmrn. Mau ikut medical check up tp blm ditelpon balik untuk reschedule. Tp saya masih bisa ikut kan? I mean blm hangus gt masa diterimanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo rahel, aku sama persis kayak kamu, ketunda karna skck, bisa minta kontak kamu please hiks aku kepikiran bgtㅠㅠ

      Hapus
  74. mbak aku sudah sampai tahap wawancara user di bca semarang kmren tgl 16 april...
    tpi sampe skrng kok ga ad panggilan buat mcu yaa mbak?
    kira" lolos ga ya mba?
    biasa nya maksimal nunggu brpa lama ya mba?

    BalasHapus
  75. ka kalo aku baru mw dftar masih bisa ga ya? kira" penutupan pendftaran magang bakti sampai kpan?

    BalasHapus
  76. "Selama tes ini, dalam jeda waktu tertentu pengawas akan menginstruksikan kita untuk membuat garis"
    mohon penjelasannya nih untuk yg membuat garis, membuat garis dlm waktu jeda itu contohnya kaya gimana ya ? soalnya senin bsk aku ada panggilan di JDC. aku juga dari tangerang sis salam kenal ya :)

    BalasHapus
  77. mba training cso kira" ttg apa aja ya mba??

    BalasHapus
  78. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  79. Selamat malam mba.
    Terima kasih atas informasi dan tips2nya. Ada beberapa pertanyakan yg ingin saya tanyakan mengenai program recruitemen BCA ini
    1.program PDCK itu apa ya mba?
    Saya skarang kuliah dan sudah memasuki semster 7. Apakah saya bisa mengikuti program PDCK ya?
    2. Di BCA apakah ada test buta warna? Jika saya mngalami kekurangan dlm test buta warna apakah bisa lolos pd tahapan test med.checkup jika saya ada kekurangan buta warna ?
    Terima kasih.
    Salam sukses

    BalasHapus
  80. Ka mau tny aku ud lamar online tgl 17 mar. Tp sampe skrg gk ada panggilan sama sekali . Aku ud coba 4x tp tetep gk di panggil jg? Apakah sy hrs kirim lsg ke wisma bca d slipi atau apli online sy ada yg salah? Krn sy gk scan ijasah hny kirim foto. Dan apakah pengalaman jg jd bahan pertimbangan krn sy pny pengalaman tp sy gk mskin pas isi form online. Dan apakah krn sy kirim berulang" malah jd gk di panggil. Mohon bantu jawab n saran ny ka. Krn sy berharap bgt bs keterima

    BalasHapus
  81. Haii mba tata, mau tanya untuk pakai softlense yang min boleh ? Kalo untuk spatu harus pantofel ya ? Yang heels atau gmna mba ? Untuk kmeja harus putih ya atau boleh wrna lain ?
    ada yang ikut psikotest untuk tgl 10 Juni 15 gak ? Kalo ada info ya, makasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yg ikut test 10 juni 15 di JDC gk ?

      Hapus
    2. Aku juga 10 Juni besok tes di JDC

      Hapus
    3. Aku juga 10 Juni besok tes di JDC

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  82. Yanga tes di JDC tgl 8 juni 2015 tolong infonya dong..

    BalasHapus
  83. Yang tes di JDC tgl 8 juni infonya dong

    BalasHapus
  84. hallo semuanya :) 2 minggu yang lalu saya di infokan dr pihak BCA untuk mengikuti training tgl 6 juni besok. tp sampai hari ini tidak ada info persiapan dari pihak BCA maupun untuk ttd kontrak.. apakah kontrak di ttd stelah training.. mohon sarannya ya guys

    BalasHapus
  85. hallo semuanya :) 2 minggu yang lalu saya di infokan dr pihak BCA untuk mengikuti training tgl 6 juni besok. tp sampai hari ini tidak ada info persiapan dari pihak BCA maupun untuk ttd kontrak.. apakah kontrak di ttd stelah training.. mohon sarannya ya guys

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo diana, gimana kelanjutannya? Kamu dihubungin lagi gak setelahnya? Oh iya bisa minta kontak line atau apalah itu buat tanya2? Makasih diana

      Hapus
  86. Mba apakah lokasi psikotes Magang Bakti BCA dan Frontliner BCA berbeda lokasi?
    Dan disini ada yg menerima panggilan psikotes Frontliner BCA untuk hari Selasa, 30 Juni 2015?

    BalasHapus
  87. Mba apakah lokasi psikotes Magang Bakti BCA dan Frontliner BCA berbeda lokasi?
    Dan disini ada yg menerima panggilan psikotes Frontliner BCA untuk hari Selasa, 30 Juni 2015?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya dapet panggilan di hari senin Tgl. 29 Juni nya teh..
      di bandung..

      Hapus
    2. Lolos sampai tahap mana kemarin mba?
      Kita satu hari tesnya nih sayabsampaintajap 3 dan suruh tunggu info leboh lanjut gatau sampai kapan. :

      Hapus
  88. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  89. kak mau nanya , apakah semua test BCA seperti itu ? (psikotes, test matematika , gambar ,interview) karena saya mendapat panggilan utk walk in interview di BCA mohon di balas ya kak terimakasih

    BalasHapus
  90. kak mau nanya , apakah semua test BCA seperti itu ? (psikotes, test matematika , gambar ,interview) karena saya mendapat panggilan utk walk in interview di BCA mohon di balas ya kak terimakasih

    BalasHapus
  91. hai aku mau tanya jg dong..

    aku bsk ini mulai training bakti bca di sby..

    aku d tmpatkan d CS..

    kr2 materi yg di ajarkan selama training itu apa aja sih?

    dan d akhirnya ada ujian gt ya? mhn infonya.. trmkasih 😊😊😊😊

    BalasHapus
  92. Ada yang tes di bandung ga tanggal 30 Juni 2015?
    Kemarin saya lolos samlai tahap itu dan harus nunggu lagi katanya tapi gatau sampai kapan. Apa ada teman seperjuangan di sini? :)

    BalasHapus
  93. mau tanya, rabu besok saya mau tes. kalau lulusan sma sama s1 disatukan apa dipisahkan yah? terus muka saya jerawatan mba banyak bgt, secara kan saya cowok kao pake bedak nanti kaya cowok taman lawang lagi mba. solusinya

    BalasHapus
  94. Hai mbak.. senin ini saya mau mcu.. trus kalo misalnya lolos di mcu nanti kan lanjut ikut program magang bakti ya..
    Yg mau saya tanyakan, program magang bakti itu juga ada sistem gugur ya kak..?? brarti kita di tes lagi sprti tahap awal wktu intrview prtma dan blm tentu lolos?? Saya kira kl udah lolos dr mcu dan ikut program bakti itu artinya udh bs langsung krja di bca trnyata msh ada sistem gugur jg ya.. hiks.. :'(

    BalasHapus

  95. mba, emng klw thun in ggal gk bsa lngsung dftar lgi ya... hrus nunggu thun dpan.... knpa tuh....

    BalasHapus
  96. mbaa mau nanya dong kalo pas training tuh isinya temen2 yg barengan pas medical checkup apa gmn ya ?

    BalasHapus
  97. Kalau nunggu stlah medical check berapa hari yaa

    BalasHapus
  98. Kalau nunggu stlah medical check berapa hari yaa

    BalasHapus
  99. Kalau nunggu stlah medical check berapa hari yaa

    BalasHapus
  100. Maaf mau nanya, ada yg dpt panggilan untuk psikotestnya via sms gak? Trus kalo kita udah bales YA gt, apa ada sms balesan lg dr BCA? Karena saya sudah bales, tp koq gak ada sms konfirmasi dr pihak BCA..

    BalasHapus
  101. pendaftaran via online harus berdomisili jakarta ya aganwati?

    BalasHapus
  102. Kak. Udah lamar online n udah upload foto pokoknya udah semuanya. Terus pas klik apply gak ada malah langsung ke form kosong. Yang daftar online kaya saya please minta jawban nya itu diterima apa engga?

    BalasHapus
  103. Ka aku mau tanya dong kmrn aku udah ikut medical check up tanggal 10 september tapi blm dapet panggilan. Nah sebagian temen aku udh dipanggil buat taken kontrak besok. Apa pemanggilan taken kontrak itu ngga sesuai sm temen barengan waktu mcu?

    BalasHapus
  104. Kalau nunggu setelah medical check up itu biasanya berapa lama ya?? Baru lewat sehari si. Cman takut aja ga lolos. Mau nanya ketemen yang lolosnya barengan saat piskotes ga pnya no nya. Info ya ka. Makasih:)

    BalasHapus
  105. Kalau nunggu setelah medical check up itu biasanya berapa lama ya?? Baru lewat sehari si. Cman takut aja ga lolos. Mau nanya ketemen yang lolosnya barengan saat piskotes ga pnya no nya. Info ya ka. Makasih:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah ada kabar?, tanggal mcu nya sama nih
      ampe sekarang masih belom ada kabar

      Hapus
  106. Ada yang dapet panggilan psikotest BCA tgl 06 Okt di menara hijau MT Haryono ga??

    BalasHapus
  107. salam knl kaka, aq ru smester 5, mau tanya dong, melamarnya harus dikantor cabang atau bisa dikantor bank terdekat?? boleh memakai hijab?

    BalasHapus
  108. Kak tanya
    Lebih baik surat lamarannya di tulis tangan atau di print??

    BalasHapus
  109. Malam kak.. Mau tanya. Training nya berapa lama ya kak?apa abis training ada ttd kontrak lagi? Bisa ga training tp masih kwrja di PT? Saya baca komen di atas training juga ada sistem gugur. Huhu. Makasih kak. Bls ya kak plis

    BalasHapus
  110. kan mau tanya interviewnya ada berapa kali ya?

    BalasHapus
  111. Kak... aku mau nanya. Aku baru aja daftar magang bakti via online di Karir BCA nya. Kira" berapa lama yaa kak pemanggilan untuk interview nya?
    Bisa sharing gak kak soal magang bakti inj? Banyak yang mau aku tanyain. Soalnya aku kepengen banget magang bakti BCA ini. Cita" memang jadi teller. Tapi apa daya, aku belum lulus kuliah. Masih semester 6

    BalasHapus
  112. ka mau nanya dong itu maksutnya pada aaat tes garis yang harus diingat garis gimana ya ka maksutnya? saya bingung

    BalasHapus
  113. Mbak mau tanya.. untuk program bhakti bca pendaftarannya biasanya bulan apa ya ?

    BalasHapus
  114. Mba saya dapt sms dari bca dengan nomr simpati, untuk tes psikotes program magang tgl 22 desember 2015, trus di suruh bls "YA" atau "TIDAK", itu bener gak mba? Mohon pencerahan nya dan jawaban nya mba. Makasih.

    BalasHapus