Sabtu, 14 September 2013

Training Bakti Pertama

Pada hari pertama training bakti BCA, saya duduk berdua dengan seorang teman kuliah saya yang juga lolos masuk bakti. Dari sekitar 30 orang di angkatan teller bakti 183 ini, kami berasal dari tempat-tempat berbeda di Indonesia. Hanya kami berdua dan seorang rekan pria yang berasal dari Tangerang, tiga orang dari Bogor, satu dari Sukabumi, dua orang dari Lombok, dan beberapa orang dari Surabaya dan sekitarnya.
Pengalaman training bakti BCA sangatlah menyenangkan tapi melelahkan. Bagaimana tidak, saya harus bangun jam 04.30 tiap pagi karena jam 05.30 saya harus berangkat naik motor dari rumah dilanjutkan naik bis 138 atau 34 arah Slipi. Bila saya telat sedikit saja, maka kemungkinan besar saya tidak akan mendapat tempat duduk di bis dan ini berarti saya akan berdiri kurang lebih satu hingga dua jam tergantung tingkat kemacetan hari itu. Sesampainya di Wisma Asia I saya harus bergegas mengganti celana dengan rok lalu berdandan. Fiuhh….

Untung saja setiap harinya BCA menyediakan break berupa kue atau roti serta teh dan kopi jam 9 pagi hingga tenaga saya yang sudah terkuras dalam perjalanan pergi terisi kembali. BCA juga menyediakan makan siang bagi para peserta training dan break lagi jam 3 sore. Nah, apakah anda tega bekerja tidak semaksimal mungkin pada perusahaan yang sudah sedemikian baiknya?

Pada awal training kami diminta membawa uang seratus ribu rupiah untuk ditukarkan dengan uang pecahan seribu segepok atau seratus lembar. Setelah seminggu kami belajar di kelas akan diadakan ujian tertulis, praktek, dan menghitung uang dengan tiga jari dengan batas waktu 24 detik. Maka kami semua pun sibuk berlatih menghitung uang setiap pagi dan istirahat. Pada ujian pertama ini saya menduduki peringkat ketiga di angkatan saya.

Setelah ujian ini, kami diharuskan melakukan OJT (On the Job Training) di KCU ataupun KCP BCA. Beruntung sekali saya OJT di salah satu KCP yang hanya membutuhkan lima menit naik motor dari rumah. Hehehee…. Dua minggu saya belajar dan mempraktekkan ilmu yang sudah saya dapatkan di training center. Saya ingat betul bagaimana saya betul-betul bingung mengatur uang di dalam laci teller, bagaimana harus memisahkan setiap pecahan uang, bagaimana cara mengeban uang dengan cepat, dan trik perkalian serta pembagian yang berguna saat menghitung uang dengan mesin.

Ada satu hari dimana atasan saya kesal sekali melihat saya menghitung uang saat akan makan siang. Uang saya berantakan dalam laci dan saya lama sekali membereskannya. Beliau sampai mengatakan bila saya hanya boleh makan 15 menit lalu harus kembali lagi karena waktu istirahat saya sudah terkuras untuk klop-klopan uang dan rekan-rekan yang lain belum makan. Memang sebagai front liner, kami harus makan bergantian karena BCA tidak seperti bank lain yang tutup saat jam makan siang. Maka dari itu, kami harus kuat makan siang terlalu awal atau terlalu telat. Saya pribadi pernah baru makan siang jam setengah empat karena ramainya antrian. Dari laper banget hingga laper itu hilang baru saya makan.

Selama OJT itu saya juga terus dicubiti oleh salah satu karyawan senior yang gemes karena saya tidak SMART, yang merupakan guidance para front liner dalam melayani nasabah. Tapi karena dididik dengan keras itulah saya menjadi diri saya sekarang ini.


Sekembalinya ke Slipi, teman-teman seperjuangan saya menceritakan bagaimana mereka sudah melayani segala macam transaksi di cabangnya masing-masing. Saya sempat minder karena saya hanya melayani penyetoran uang saja. Tapi saya bertekad dalam hati bahwa saya akan belajar dengan baik selama seminggu itu. Dan hasilnya saya pun menyabet peringkat pertama ^0^

24 komentar:

  1. haloo mba, mau tanya nih. Apa bener nanti sewaktu ujian hitung uang di minggu pertama training kalau tidak bisa hitung selama 24 detik itu akan gugur dan tidak bisa mengikuti ujian selanjutnya lg?
    Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alohaa^^ waktu aku dulu sih memang dibilang gitu, tapi pas ujian di bank mini dikasih remedial gitu kok bagi yang hitung di atas 24 detik atau salah hitung lembar uangnya. Latihan terus say, pasti bisaaaaa^0^ dan jangan cuma fokus hitung uang aja, karena nilai ujian tertulis dan praktek bank mini juga pengaruh. Nanti di bank mini biasa banyak penguji yang iseng gitu, tapi kalo kita fokus dan yakin pasti lolos hehehee

      Hapus
    2. Hi mbak.. Mau nanya donk ada triknya ga supaya menghitung uang itu bs cepat?

      Hapus
    3. Halo Jess, triknya ya emmmm, kalau saya dulu sh ikutin kata pengajar jd kita tarik uang dr sudut bawah kanan yg kasar jgn dr tengah krn srg trtarik dua tiga lembar. Juga posisi tangan kiri yg pegang uang hrs kuat jgn goyang" apalagi saat uang sudah menipis. Jempol kanan harus stay di sblh gepokan uang jgn keikut gerakan tiga jari. Lalu sesuaikan tempo, jgn awalnya cpt tiba" memelan. Biasakan hitung uangnya smp hitungan ke10, krn kalo kita ucapin dlm hati sebelas dua belas....dua puluh, yg ada otak kita ketinggalan dr gerakan tangan. Jd hitung 1 smp 10, nah lalu hitung ulang lg 1-10, dlm gepokan kan ada 100lbr, jd rumusnya adl 33x3+1. Stlh hitung 1 smp 10 tiga kali, kita tgl hitung sepuluh lbr lagi jd lbh mudah. Jelas ga Jess heheheee

      Hapus
    4. halo mba, aq mau tanya dong,, aq udh terlanjur tanda tangan kontrak magang bakti . td nya aku semangat karena berharp akan ditempatkan di domisili ktp. tp ternyata yg sedang di butuhkan di daerah jakarta, sedangkan rmh saya di serang. setelah saya perhitungkan dengn gaji yg ada utk membiaya kehidupan jika say ditempatkan di jakarta, itu mlah kurang. jadi saya lebih baik ga usah jadi ikut aja, tpi saya sudah terlanjur tanda tangan kontrak nya. itu bagaimana mba baik nya y? apa nanti di setiap tes yg ada sengaja di gugurkan saja?

      Hapus
    5. Hai Wilsa^^
      Em info dr siapa itu say? Dulu saya juga dblg bahwa BCA berhak menempatkan bakti di cabang yg membutuhkan, tp akan diusahakan dkt dg rumah. Tp kalau memang sudah pasti di Jakarta, coba tnyakan dg training center dulu apakah ada kemungkinan bisa di Serang. Maaf saya ga bisa saran satu ini Wilsa, krn menurut saya sayang bangetzz.... T.T tapi ada jg sh teman saya yg mundur saat di tengah training krn sakit, ada jg yg saat OJT di cabang...setau saya tdk ada pinaltinya.

      Hapus
    6. Kalau sdh lewat masa ojt..sudah 2 bulanan di kantor mau keluar gitu aja tanpa srt..yg 3 hr tanpa kbr itu ya? Apa bs mnt tlg ditanyakan temennya mba, kira2 bakal dicari kermh atau ngga?

      Hapus
  2. sistem perhitungannya gmn yah? waktu di ujian hitung uang dikasih masing2 100 lembar 2ribuan kan?
    trus waktu di bank mini kita dikasi duit 100 lembar lg ato beda tiap2 orang?
    iya nih mba, mau belajar satu2 dulu hhihi

    BalasHapus
  3. oia mbaa, bole minta nomer ato emailnya ga? :D

    BalasHapus
  4. oya mbakk ap aja ya yang didapat dr magang bakti bca , dan apakah saat training itu pasti ada sistem gugur yaa

    BalasHapus
  5. mba aku mau nanya dong, sabtu dpn ku bru mlai training aku dri tangerang, nah training nya susah gak si mba,aku tkut bgt ni,

    BalasHapus
  6. maaf mba saya mau tanya banyak hal mengenai magang nya bisasaya minta no hp nya tolong bantu saya, terimakasih banyak sebelumnya.

    BalasHapus
  7. hai, mau tanya dong, apa kalo udah lulus medical check up bakal ada sistem gugur lagi di class training sebelum kita ke on the job trainning? thankyouuu

    BalasHapus
  8. Mau nanya dong.. Apakah pas training nanti ada sistem gugur juga?

    BalasHapus
  9. mbak sama mau tanya nih ? saya sudah dinyatakan lulus, kemudian saya belum lengkap administrasi yang di minta oleh pihak bank bca. Dan bila lengkap disuruh hubungi kembali . Adakah pengaruh nanti digugurkan kembali mbak ?

    BalasHapus
  10. Halo Mba Tania, salam kenal mba tania :)
    Kebetulan saya baru keterima magang bakti BCA mba untuk posisi CS kelasnya nanti dibuka bulan Maret / Feb 2016.
    Mba saya mau tanya kalau pas trainning itu totalnya berapa lama ya ?
    Kemungkinannya lolos / tidaknya ujian saat trainning itu berapa persen mba?
    Ternyata setelah keterima magang bakti masih banyak ujian yg harus di hadapi ya jadi aga pesimis dikarenakan skrg saya sudah kerja skrg takutnya nanti ambil BCA tapi gugur saat ujian trainning.
    Kalo untuk posisi CS ada ujian hitung uang cepat juga nya mba ?
    Waktu kelas trainning mba tania berapa orang yang tidak lolosnya mba?
    Kalau kontraknya sudah pasti langsung 3 tahun apa pertahun mba ? Ada kemungkinan tidak diperpanjang kontrak tidak mba ?
    Mohon pencerahannya mba tania :)
    Terima kasih

    Kalau mau bls lewat email : dianfitaloka@ymail.com

    BalasHapus
  11. Untuk magang bakti itu apa lamgsung lamar atau nunggu rekrutan mbak.thnx

    BalasHapus
  12. kak mao tanya saya sudah lulus s1 ekonomi saya mao lamar ikut program lulusan atau magang bakti cso menurut kaka lebih benrfit yang mana terima kaskh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Yani, lebih baik ambil program pfl atau ro yang setelah training langsung jadi karyawan tetap. Sepertinya ada program baru deh coba cek ke karir bca.

      Hapus
  13. ka mau tanya kalo cso ada tes hitung uang juga atau tidak ya? makasih

    BalasHapus
  14. ka mau tanya kalo cso ada tes hitung uang juga atau tidak ya? makasih

    BalasHapus
  15. mau tanya dongg, saya batch 493 di magang bakti bca sbg teller,mulai training nanti tgl 20 maret nanti. apa pas training udh dapet gaji?
    .
    .
    .
    terima kasih,

    BalasHapus